Sunday 27 June 2010

RCTI Global Feeds

RCTI GLOBAL bersiaran secara lokal, nasional, internasional dan global. Nah, untuk itu, RCTI GLOBAL terbagi menjadi beberapa feed. Feed tersebut adalah Global Main Feed dan Global Islam Feed. Perbedaannya apa? Kalau Global Main Feed acaranya jalan terus tanpa ada jeda apapun sedangkan yang Global Islam Feed, dilengkapi dengan azan untuk negara-negara di seluruh dunia baik muslim mayoritas maupun muslim minoritas dengan terjemahan bahasa setempat, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Azan ini berlaku untuk 5 waktu shalat, Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya plus siaran langsung shalat Jum'at, shalat Idul Fitri dan shalat Idul Adha serta berbagai acara-acara Islam di bulan Ramadhan walau hanya sekedar ceramah singkat selama 5-10 menit menjelang azan Maghrib, selebihnya tetap merelay Global Main Feed. Kenapa RCTI GLOBAL acaranya jalan terus tanpa ada jeda? Saya bahas nanti. Nah berikut ini daftar feed regional dan lokal RCTI GLOBAL
  • RCTI GLOBAL Indonesia: Feed lokal untuk negara Indonesia. Konten siaran: 90% siaran nasional dan global serta 10% siaran lokal berupa berita-berita lokal dari berbagai daerah di Indonesia.
  • RCTI GLOBAL Asia: Feed regional untuk benua Asia. Konten siaran: 90% siaran global dan 10% siaran regional berupa berita-berita regional dari benua Asia.
  • RCTI GLOBAL Australia: Feed lokal untuk benua dan negara Australia. Konten siaran: 90% siaran global dan 10% siaran regional berupa berita-berita regional dari benua dan negara Australia dan negara Selandia Baru.
  • RCTI GLOBAL Europe: Feed regional untuk benua Eropa. Konten siaran: 90% siaran global dan 10% siaran regional berupa berita-berita regional dari benua Eropa.
  • RCTI GLOBAL America: Feed regional untuk benua Amerika. Konten siaran: 90% siaran global dan 10% siaran regional berupa berita-berita regional dari benua Amerika.

Studio feed dan biro regional RCTI GLOBAL:

  • RCTI GLOBAL Indonesia: Jakarta (studio pusat nasional, internasional dan global), Surabaya dan Bandung (kantor biro daerah pusat). Kantor biro daerah: tersebar di 33 provinsi di seluruh Indonesia.
  • RCTI GLOBAL Australia: Canberra (studio pusat benua Australia dan kepulauan Oceania). Kantor biro regional: Canberra, Wellington.
  • RCTI GLOBAL Asia: Jakarta (studio pusat benua Asia). Kantor biro regional: Jakarta, Singapore, Kuala Lumpur, Manila, Bangkok, Hanoi, Vientiane, Phnom Penh, Naypyidaw, Bandar Seri Begawan, Tokyo, Beijing, Delhi, Islamabad, Dhaka, Tehran, Seoul, Abu Dhabi, Riyadh, Manama, Muscat, Amman, Damascus, Ankara, Sana'a, Kuwait, Baghdad, Doha.
  • RCTI GLOBAL Europe: London (studio pusat benua Eropa). Kantor biro regional: London, Dublin, Paris, Berlin, Madrid, Lisbon, Amsterdam, Brussels, Luxembourg City, Bern, Rome, Copenhagen, Stockolm, Helsinki, Oslo, Vienna, Warsaw, Athens, Prague, Ljubjana, Bratislava, Minsk, Riga, Bucharest, Talinn, Valletta, Tbilisi, Moscow.
  • RCTI GLOBAL America: Washington, DC (studio pusat benua Amerika). Kantor biro regional: Washington, DC, Ottawa, Mexico City, Havana, Tegucigalpa, Guatemala City, Panama City, San Jose, Buenos Aires, Bogota, Caracas, Quito, Lima, Brasilia, Santiago, Montevideo, Quito.

Apa lagi perbedaannya? Timing pada programming schedule block yang disesuaikan dengan keadaan setempat.

  • RCTI GLOBAL Indonesia: WIB (UTC+7) untuk kawasan pulau Sumatera, Jawa dan provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. WITA (UTC+8) untuk provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, pulau Bali, pulau Sulawesi dan pulau Nusa Tenggara. WIT (UTC+9) untuk pulau Maluku dan pulau Papua.
  • RCTI GLOBAL Australia: AEST (UTC+10), AEDT (UTC+11), AWST (UTC+8), ACST (UTC+9.30), ACDT (UTC+9.30 & UTC+10.30), NZST (UTC+12).
  • RCTI GLOBAL Asia: UTC+3, UTC+4, UTC+5, UTC+5.30, UTC+6, UTC+6.30, UTC+7, UTC+8, UTC+9, UTC+10.
  • RCTI GLOBAL Europe: WET (UTC+0), WEST (UTC+1), CET (UTC+1), CEST (UTC+2), EET (UTC+3), EEST (UTC+4).
  • RCTI GLOBAL America: UTC-4, UTC-5, UTC-6, UTC-7, UTC-8, UTC-9, UTC-10.

Pemisahan feed ini dimaksudkan untuk menghindari benturan pada jadwal acara RCTI GLOBAL. Kalau berbicara channel RCTI GLOBAL yang memiliki feed ini, feed Indonesia dimiliki RCTI GLOBAL GENERAL dan RCTI GLOBAL ENTERTAINMENT dengan programme berita Seputar Daerah dan Bulletin Daerah dan feed regional Asia, Australia, Eropa dan Amerika dimiliki RCTI GLOBAL NEWS dengan programme berita Seputar Asia, Seputar Australia, Seputar Europe dan Seputar America. Dan semua channel RCTI GLOBAL memiliki feed Global Main Feed dan Global Islam Feed. Semoga bermanfaat!

No comments: