Wednesday, 23 June 2010

Importing Elelctric Locomotives From Japan

Jepang impor barang lagi. Setelah mengimpor Kereta Rel Listrik dan Kereta Rel Diesel yang diproduksi lagi di Jepang. Jepang mengimpor lokomotif listrik ke seluruh dunia. Lokomotif-lokomotif ini diimpor dari Japan Railways Group atau biasa disebut JR Group yang sebelumnya bernama Japanese National Railways. Bagi saya, impor lokomotif ini adalah impor lokomotif yang kedua setelah sebelumnya mengimpor lokomotif diesel dari Amerika Serikat yang kebanyakan dijuluki loko "bebek" karena memiliki nose atau hidung di depan yang panjang. Impor lokomotif listrik dari JR Group ini terbilang sukses. Karena, loko-loko ini dipakai menemani loko diesel "bebek" dari Amerika Serikat untuk perjalanan jarak jauh. Selain itu, JR Group juga mengimpor gerbong penumpang ke seluruh dunia untuk menemani gerbong penumpang dari Indonesia, China, Amerika Serikat, Britania Raya dan Malaysia. Lokomotif listrik dari JR Group ini kebanyakan berbentuk kotak sehingga saya menjulukinya sebagai loko listrik "kotak". Nah, berikut ini rangkaian loko listrik "kotak" dari JNR dan JR Group.

Lokomotif listrik East Japan Railway Company (JR East):

  • ED75
  • ED78
  • EF510
  • EF55
  • EF58
  • EF60
  • EF62
  • EF64
  • EF65
  • EF71
  • EF81

Lokomotif listrik Central Japan Railway Company (JR Central):

  • ED18
  • EF58
  • EF64
  • EF65

Lokomotif listrik West Japan Railway Company (JR West):

  • EF15
  • EF58
  • EF59
  • EF60
  • EF64
  • EF65
  • EF66
  • EF81

Lokomotif listrik Kyushu Railway Company (JR Kyushu):

  • ED76
  • EF30
  • EF81

Lokomotif listrik Hokkaido Railway Company (JR Hokkaido):

  • ED76
  • ED79

Lokomotif listrik Freight Japan Railway Company (JR Freight):

  • ED62
  • ED75
  • ED76
  • ED79
  • EF200
  • EF210
  • EF500
  • EF510
  • EF61
  • EF64
  • EF65
  • EF66
  • EF67
  • EF81
  • EH200
  • EH500

Catatan: setelah seri EF dengan angka 2 digit merupakan lokomotif dari JNR dan angka 3 digit setelah seri EF dan EH adalah lokomotif dari JR.

Selain dari JR Group, Jepang juga mengirim lokomotif listrik dari Pemerintah Metropolitan Tokyo dengan seri E5000 yang menemani lokomotif listrik dari JNR dan JR. Dengan ini, Jepang menguasai rel di seluruh dunia (lagi) dengan lokomotif listriknya setelah KRL dan KRDnya laris manis. Dan di pasar lokomotif, sebenarnya, Amerika Serikat sudah lebih dulu menguasai rel di seluruh dunia dengan lokomotif diesel "bebek"nya. Youkouso, lokomotif listrik "kotak" Jepang!

No comments: